PELATIHAN PENGGUNAAN ALAT LABORATORIUM DAN APLIKASINYA UNTUK MATAKULIAH PRAKTIKUM

Laboratorium fisika melaksankan kegiatan pengenalan alat laboratorium untuk mengetahui penggunaan alat dan aplikasinya. Kegiatan ini dilaksanakan untuk memberikan pengetahuan awal tentang alat di laboratorium kepada mahasiswa sebelum melaksanakan kegiatan praktikum di laboratorium. Kegiatan tersebut dilaksanakan di aula mini FKIP UNKHAIR dengan melibatkan dosen dan mahasiwsa. Pelatihan ini dilaksanakan tanggal 30 Oktotober 2021 yang dibawakan oleh Ibu Dr. Masrifah, S.Pd., M.Si. Anggaran kegiatan bersumber dari DIPA FKIP Unkhair sebesar Rp. 2.946.000 (Dua Juta Sembilan Ratus Empat Puluh Enam Ribu Rupiah).

Bentuk kegiatan diatas adalah pelatihan penggunaan alat dan aplikasinya. Oleh karena itu output dari kegiatan ini adalah mahasiswa dapat memahami dan mengidentifikasi fungsi dari setiap alat dan dapat menggunakan alat tersebut dalam kegiatan praktikum. Mahasiswa juga diharapkan dapat merancang dan membuat praktikum sendiri dari alat-alat yang telah dipelajari. Kegiatan pelatihan ini sangat dibutuhkan oleh mahasiswa sebagai calon guru Fisika di sekolah untuk merancang kegiatan praktikum disekolah. kita tahu bahwa pembelajaran bukan hanya bertumpuh pada pembelajaran bersifat teori tetapi kegiatan praktikum juga dibutuhkan untuk memantapkan pengetahuan konsep pada suatu materi. Selain itu kegiatan praktikum juga dibutuhkan untuk mengasah keterampilan proses sains siswa.

Foto bersama Dosen pendidikan Fisika dan mahasiswa setelah kegiatan

Pada umumnya setiap sekolah menengah atas telah di fasilitasi alat laboratorium yang memadai untuk melaksnakan kegiatan praktikum, misalnya KIT mekanika, KIT Listrik dan magnet dan lain-lain. Namun, Alat-alat tersebut terkadang tidak digunakan oleh guru dan dibiarkan begitu saja. Hal tersebut terjadi karena guru-guru belum dapat merancang kegiatan praktikum yang menggunakan alat-alat tersebut. Akibatnya kegiatan pembelajaran praktikum di sekolah tidak dapat dilakukan. Oleh karena itu kegiatan pelatihan ini memiliki manfaat yang sangat besar kepada mahasiswa fisika sebagai calon guru fisika.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.